Jumat, 27 November 2009

Mengenal Firebird

Pendahuluan
Jika Anda membaca makalah ini, mungkin ini adalah pertemuan Anda yang pertama dengan SMBDR Firebird. Makalah ini akan menjelaskan pada Anda keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki database Firebird. Di akhir makalah, saya yakin Anda akan penasaran untuk segera mengunduh installer-nya yg kecil dan ringan serta mencobanya sendiri.

Sejarah
Firebird diturunkan dari kode sumber Borland Interbase 6.0 yang kemudian dikembangkan lebih lanjut. Firebird bersifat open source (kode sumber terbuka) dan tidak berlisensi ganda. Tak peduli Anda akan menggunakannya untuk tujuan aplikasi komersil atau sumber terbuka atau gratis, Anda tak perlu bingung apalagi khawatir, Firebird sepenuhnya BEBAS digunakan!

Teknologi Firebird, berdasarkan kode asalnya, telah digunakan selama lebih dari 20 tahun. Hal ini menjadikan Firebird sebagai produk yang mapan dan stabil.
Keistimewaan Utama

Jangan tertipu dengan ukuran installer-nya! Firebird adalah sebuah SMBDR yang hebat dan penuh keistimewaan. Firebird mampu menangani database dari yang cuma berukuran beberapa KB hingga gigabita dengan unjuk kerja yang baik dan nyaris tidak membutuhkan perawatan selama bekerja!

Berikut daftar beberapa keistimewaan utama yang dimiliki Firebird:
* Mendukung penuh Stored Procedure dan Trigger
* Sepenuhnya mengikuti aturan transaksi yang ACID
* Mendukung integritas keterhubungan
* Dibangun dengan arsitektur multigenerasi
* Kebutuhan sumber daya yang relatif sangat kecil
* Mendukung penuh pemrograman berbasis bahasa SQL (PSQL)
* Mendukung pustaka fungsi luar
* Membutuhkan sedikit atau tanpa campur tangan Admin Database
* Nyaris tidak perlu konfigurasi, tinggal install dan gunakan!
* Komunitas yang besar sehingga ada banyak tempat untuk bertanya dan meminta bantuan
* Tersedia versi yang tidak membutuhkan server (embedded), cocok untuk membuat katalog di CDROM, aplikasi pengguna-tunggal, atau aplikasi evaluasi
* Ada lusinan aplikasi bantu dari pihak ketiga, termasuk aplikasi GUI untuk pengelolaan, aplikasi penggandaan (replikasi), dlsb
* Teknik penyimpanan yang hati-hati, pemulihan yang cepat, tidak membutuhkan catatan (log) transaksi!
* Tersedia banyak cara untuk mengakses database, bisa melalui API langsung, dbExpress, ODBC, OLEDB, penyedia .Net, JDBC langsung tipe 4, modul Python, pustaka PHP, Perl, dlsb
* Mendukung banyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Solaris, MacOS
* Mendukung pencadangan berkelanjutan
* Tersedia versi untuk arsitektur CPU 64 bit
* Sepenuhnya menerapkan kursor dalam PSQL
* Tersedia tabel untuk memantau database
* Mendukung Trigger untuk koneksi dan transaksi
* Mendukung tabel sementara

Coba Sekarang Juga!
Mencoba Firebird adalah pekerjaan yang mudah. Ukuran installer-nya biasanya kurang dari 5 MB (tergantung pilihan sistem operasi Anda) dan sepenuhnya otomatis. Anda bisa mengunduhnya dari situs utama Firebird. Lepasan stabil paling akhir adalah versi 2.1.

Anda akan melihat bahwa Firebird tersedia dalam 3 jenis: SuperServer, Classic, dan Embedded. Anda lebih baik memulai dari SuperServer. Saat ini, Classic disarankan untuk digunakan di mesin yang mendukung SMP atau beberapa situasi khusus lain. SuperServer berbagi sumber daya untuk banyak koneksi dan menggunakan thread untuk menangani setiap koneksi. Sedangkan Classic menggunakan satu proses server yang mandiri dan terpisah untuk setiap koneksi yang ditangani.

Jenis Embedded adalah variasi yang mencengangkan. Jenis ini memiliki seluruh keistimewaan server Firebird yang dibungkus hanya dalam beberapa berkas saja. Sangat mudah disebarkan, karena tidak perlu dipasang di server. Ideal untuk katalog di CDROM, aplikasi demo, atau aplikasi desktop tunggal.

Firebird dilengkapi dengan seperangkat aplikasi yang bisa membantu Anda membuat database baru, membaca statistik database, menjalankan perintah SQL, melakukan pencadangan dan pengembalian, dlsb. Jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi basis GUI (antarmuka grafis), tersedia banyak sekali pilihan untuk itu, termasuk yang gratis. Daftar aplikasi pada akhir makalah ini bisa menjadi awalan yang bagus.

Di Windows, Anda bisa menjalankan Firebird sebagai service atau aplikasi biasa. Installer bisa menyediakan ikon di Control Panel yang bisa Anda gunakan untuk mengelola server (mulai, hentikan, dlsb).


Dokumentasi

Ada banyak sekali makalah, tanya-jawab, dan artikel yang mungkin Anda ingin baca di situs utama Firebird. Anda mungkin juga perlu mencari tahu apakah ada situs komunitas atau milis lokal di negara Anda, sehingga Anda bisa memperoleh bantuan dalam bahasa asli Anda.

Seluruh informasi dapat Anda cari di lingkungan situs utama Firebird. Anda juga bisa mengakses situs Firebird News untuk memperoleh berita terbaru terkait Firebird.

Untuk Segala Ukuran Database
Beberapa orang mengira bahwa Firebird adalah SMDBR yang hanya cocok untuk database kecil dan hanya diakses beberapa pengguna saja. Mereka salah! Firebird digunakan di banyak perusahaan besar dengan akses pengguna yang tinggi. Salah satu contoh yang bagus adalah seperti yang ditunjukkan di Softool’06 dimana Avarda (aplikasi ERP buatan Rusia) beroperasi menggunakan Firebird 2.0 jenis Classic dengan rata-rata 100 koneksi berkesinambungan mengakses database berukuran 120 GB berisi 700 juta record! Servernya adalah mesin SMP (2 prosesor, Dell PowerEdge 2950) dengan RAM 6 GB.
Aplikasi Bantu dan Komponen

Berikut adalah daftar aplikasi yang menarik seperti aplikasi bantu, driver, dlsb. Silakan periksa situs resmi Firebird untuk daftar yang lebih lengkap dan terbarui.

Aplikasi Administrasi GUI
* IBExpert (tersedia versi GRATIS untuk pribadi)
* FlameRobin (open source, bisa di Windows, Linux, MacOS X, dan FreeBSD)
* DB Workbench
* Firebird Development Studio

Driver dan Komponen Akses
* Komponen Delphi
o IB Objects
o FIBPlus
o UIB (Unified Interbase Components)
o Zeos
o MDO
* ODBC
o Gemini ODBC Driver
o Firebird ODBC Driver
o EasySoft
* OLEDB
o ZStyleGroup
o IBProvider
* Java
o JayBird
* .Net Provider
o Firebird .Net Provider
* C++
o IBPP
* Bahasa pemrograman lain
o PHP
o Python
o Perl

Aplikasi Penggandaan
* IBReplicator
* FBReplicator
* Replication Manager

Dukungan dan Tautan Sumber Daya
* Firebird News
* FireBase (bahasa Portugis)
* IBPhoenix
* CFLP (bahasa Portugis)
* Daftar milis dan forum komunitas
* IBase (bahasa Rusia)
* Firebird Developers Magazine

Lain-Lain
* Firebird 2.1 – Kemampuan Baru
* Firebird 2008 RoadMap
* Fyracle – Oracle mode Firebird

Makalah dan Dokumentasi
* Firebird Official Documentation Project (awalan dan panduan umum)
* FB Online Manual (Admin, PHP, PSQL, etc.)
* FirebirdFAQ

Anda berniat membantu?
Sebagaimana umumnya proyek open source, setiap orang boleh menyumbang dengan cara membantu mengembangkan kode program Firebird atau memperbaiki kesalahan program yang ada. Jika Anda ingin menjadi anggota Tim Pengembang Firebird, unduh kode program Firebird dari SourceForge dan pelajarilah. Anda juga boleh bergabung dalam milis fbdevel untuk bertemu dengan para pengembang yang lain (catatan: fbdevel bukan milis bantuan umum, jadi jangan meminta bantuan di situ, sebaiknya gunakan milis firebird-support untuk mendapatkan bantuan gratis dari komunitas).

Anda tidak perlu menjadi penulis program untuk bisa membantu proyek ini. Menjadi anggota Yayasan Firebird atau memberi sumbangan uang berarti Anda telah membantu pendanaan para pengembang inti sehingga mereka bisa mencurahkan waktu dan tenaga mereka untuk proyek ini.

Terima kasih atas waktu Anda…

Tidak ada komentar: