Kamis, 25 Oktober 2007

Perawatan dan Perbaikan Timbangan

Solusi Dalam Menunjang Industri Peternakan dan Pertanian

Pendahuluan

Melanjutkan tulisan sebelumnya yang berjudul Pentingnya Penimbangan dalam Industri Peternakan, mudah-mudahan uraian berikut ini dapat menjadi pelengkap dan bermanfaat khususnya bagi rekan-rekan dibidang peternakan dan pertanian, mengingat timbangan merupakan alat ukur yang keberadaannya memiliki peran yang cukup penting dalam industri peternakan dan pertanian modern.

Masalah Yang Biasa Terjadi

Baik karena usia pakai maupun penyebab lainnya, adakalanya timbangan yang digunakan kemudian bermasalah sehingga berpengaruh terhadap akurasi penimbangan. Hal ini biasanya cukup merepotkan karena bisa jadi penimbangan yang seharusnya 10Kg disebutkan 9Kg atau 11Kg. Ini tentu tidak bagus terlebih ketika dihubungkan dengan penjualan ternak atau penjualan hasil pertanian yang dimana berat merupakan faktor pengali untuk menghitung total harga jual.

Masalah perbedaan perhitungan berat pada timbangan biasanya terbagi menjadi 2 yaitu perbedaan konstan --dimana selisih berat selalu tetap untuk setiap penimbangan (misal : beban 10Kg disebutkan 11Kg, 20Kg disebutkan 21Kg, 40Kg disebutkan 41Kg, dst.) -- dan perbedaan akumulatif yang ditunjukan dengan berubahnya selisih berat pada setiap penimbangan (misal : 10Kg disebutkan 11Kg, 20Kg disebutkan 22Kg, 40Kg disebutkan 44Kg, dst.).

Alternatif Penyelesaian

Ø Mengabaikan (sementara)

Tentunya bukan pilihan bijak karena menjadi “bom waktu” yang setiap saat siap meledak. Pertimbangkan juga citra peternakan sebagai dampaknya.

Ø Membeli (timbangan baru)

Merupakan pilihan mudah walau kadang tidak murah, perhatikan anggaran dan pertimbangkan timbangan bekasnya yang biasanya hanya akan menjadi sampah. Selektif dalam memilih timbangan baru karena tidak semua timbangan memiliki feature LiveWeighing/AniwalWeighing dengan Hold Function

Ø Perbaikan / Service

Solusi dengan biaya yang biasanya lebih murah walau kadang tidak mudah, karena tidak semua vendor timbangan memiliki agen/perwakilan di Indonesia terutama untuk service.

Menurut agen resmi RuddWeigh/Gallagher, untuk perbaikan mereka akan mengirimnya ke New Zealand sehingga memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Perawatan : Sebaiknya Diperhatikan

Pada dasarnya perangkat timbangan terbagi dalam 2 atau 3 bagian, yaitu : LoadCell, WeighIndicator, dan Koneksi antara keduanya. Kecuali pada kasus tertentu, biasanya jarang terjadi ketiga bagian tersebut bermasalah pada saat bersamaan, karenanya identifikasi harus dilakukan untuk menentukan bagian mana yang sebetulnya bermasalah.

Seperti halnya mesin pada umumnya, timbangan juga memerlukan perawatan untuk menjaga kestabilan fungsinya, dan berikut ini hal yang sebaiknya diperhatikan dalam perawatan timbangan:

ü Pastikan LoadCell dalam kondisi bersih dan kering

Beberapa peternakan menggunakan timbangan dengan LoadCell diatas sehingga selain loadcell lebih bersih karena tidak terkena kotoran ternak juga lebih mudah dalam perawatan.

ü Pastikan WeighIndicator dalam kondisi bersih dan kering

ü Pastikan kabel antara LoadCell dan WeighIndicator dalam kondisi baik (tidak terkelupas)

ü Sebaiknya gunakan stabilizer apabila sumber listrik diketahui kurang stabil

ü Secara periodik melakukan kalibrasi dan tera

Salam...

Tidak ada komentar: